Home

Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan

Contributed by A C Highfield

Efek dari perdagangan

Kebanyakan kura-kura brazil (red ear slider) yang diperdagangkan ditakdirkan mati prematur sejak mereka menetas.

Mayoritas kura-kura ini dijual kepada penjual yang tidak berpengetahuan dan lalu mereka menjual kura-kura ini kepada

pembeli tanpa informasi perawatan yang cukup. Tortoise Trust menginginkan adanya penerapan hukum bahwa semua

hewan eksotik hanya dapat dijual jika disertakan petunjuk tentang dasar pemeliharaannya yang tepat. Setiap tahun ada

tiga sampai empat juta kura-kura brazil yang diekspor dari Amerika. Kebanyakan mereka berasal dari peternakan di

Louisiana dan Mississippi. Para penangkap kura-kura alam yang juga menyediakan stok pengganti untuk peternakan ini

juga bertanggung jawab atas pengumpulan 25.000 – 30.000 kura-kura dewasa setiap minggunya untuk diekspor

ke pasar makanan di luar negeri (khususnya di Asia Timur).

Peternakan komersil kura-kura biasanya memiliki beberapa kolam buatan yang mana setiap kolamnya dapat berisi

sampai 13.000 kura-kura petelur dewasa. Tingkat kematian yang sangat tinggi yang terjadi setiap tahun disebabkan oleh

stres, penyakit, kelainan gizi makanan, ketidakcukupannya ketinggian air dan populasi yang terlalu padat. Air, yang perlu

mendapat perhatian khusus karena tingginya kontaminasi oleh bermacam-macam organisma penyakit.

Tingginya tingkat kelebihan dari kura-kura dewasa yang rumahnya tidak diinginkan, tapi ribuan bayi kura-kura terus

diternakan setiap tahunnya memperburuk masalah kemanusian. Kebanyakan bayi kura-kura akan mati dalam jangka

waktu 3-6 bulan, tapi hanya sebagian yang bisa bertahan dari ketidakcukupan akomodasi.

Populasi alami kura-kura sudah banyak mengalami tekanan yang intensif dari hilangnya habitat karena manusia.

Luasnya penyebaran dan tidak adanya pengontrolan pengambilan/pengumpulan untuk perdagangan membuat populasi

kura-kura makin tertekan lebih parah.

Kura-kura dapat dimulai sebagai mahluk kecil yang kelihatannya dapat dipelihara di tempat yang kecil dan murah.

Tetapi setelah mereka dewasa, mereka berkembang menjadi ukuran yang cukup besar 30cm dan itu bukan hal yang

luar biasa. Dengan ukuran ini mereka membutuhkan tempat yang luas pula, mahalnya biaya alat-alat penyaringan/filter

serta mahalnya biaya yang harus kita keluarkan seiring waktu. Sangat berguna untuk diperhatikan, bahwa anak kurakura

hanya berharga dua dollar saja (duapuluh ribu rupiah) untuk membelinya pertama kali. Tetapi biayanya akan

menjadi paling sedikit seratus kali lipat dari harga pembelian awal untuk merawat kura-kura dewasa dengan baik

(aquarium, pemanas, lampu dan filter). Ini belum termasuk kemungkinan biaya tambahan untuk pergi ke dokter hewan

dan makanannya. Dengan harga yang murah, kura-kura sering langsung dibeli tanpa pikir panjang – berapa

banyak orang mengambil komitmen ini jika mereka tahu apa yang termasuk dalam pemeliharaan kura-kura yang benar?

Memang tidak ada salahnya memelihara kura-kura sebagai hobi jika kamu ingin benar-benar merawat kura-kura

tersebut dengan serius dan menyediakan lingkungan yang mendukung untuk kura-kura tersebut. Ada ribuan kura-kura

sangat membutuhkan orang-orang yang dapat memberikan perawatan dengan baik. Kura-kura adalah binatang pintar

yang dapat berharga untuk dipelihara. Yang harus kita lakukan adalah tidak mendukung perdagangan kura-kura.

Filtrasi

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi pemeliharaan kura-kura adalah memelihara kwalitas air. Air yang kotor

adalah penyebab penyakit bakteri dan parasit. Aquarium kura-kura yang kotor sangat bau dan menjadi tambahan yang

tidak baik dalam rumah anda. Menguras air secara teratur adalah satu cara untuk menjaga kebersihan, tetapi proses

pengurasan cepat menjadi pekerjaan yang banyak menyita waktu. Pemecahan praktis adalah dengan menggunakan

mesin penyaring atau filter yang dapat mengurangi frekwensi pengurasan. Ada tiga jenis filter:

Filter undergravel(bawah pasir)

Filter undergravel bekerja sangat baik, tetapi membutuhkan area yang luas, rendah kepadatan dan air yang

mengandung oksigen tinggi. Jenis filter ini mengunakan pompa udara. Tetapi hanya sesuai untuk anak kura-kura.

Aquarium yang besar harus menggunakan powerhead(pompa air celup) untuk menggantikan pompa udara.

Filter tabung internal(dalam aquarium)

Filter tipe ini cukup murah dan sangat efektif. Gunakan filter berukuran terbesar di dalam tangki anda. Media filter yang

paling baik menurut pengalaman kami adalah jenis busa (spon). Busa ini dapat dikeluarkan dan dicuci jika tersumbat.

Filter tabung eksternal(luar aquarium)

Untuk aquarium yang besar filter jenis ini tidak terkalahkan. Sekali lagi, kami menemukan busa/spon untuk media yang

paling efektif tetapi kombinasi lainnya juga dapat digunakan karena salah satu keuntungan filter jenis ini adalah

keserbagunannya. Badan filter sendiri terletak di luar aquarium, hanya pipa penghubung ke dalam dan keluar yang

dimasukan ke dalam aquarium. Gunakan filter terbesar yang dapat kamu beli untuk mendapatkan hasil terbaik, tetapi

akan berdampak negatif terhadap biaya yang harus dikeluarkan. Filter eksternal yang berkekuatan besar tidaklah murah

tetapi sangatlah membantu jika anda memelihara jenis kura-kura besar di dalam aquarium karena filter itu akan

mengurangi kebutuhan seringnya mengganti air.

Pencahayaan

Faktor lain yang sering tidak dipikirkan oleh pemelihara baru (pemula) adalah pencahayaan. Semua kura-kura dalam

ruangan / aquarium atau kolam membutuhkan semacam cahaya buatan. Silahkan membaca artikel pencahayaan kami

untuk mengetahui lebih mendalam tentang topik ini.

Kesehatan dan Penyakit

Lebih dari 85% semua penyakit-penyakit yang ditemukan pada kura-kura adalah hasil dari akibat rendahnya kebersihan

perawatan atau rendahnya gizi makanan dan kadang-kadang disebabkan oleh keduanya. Air yang kotor atau

pengaturan suhu yang salah sering terjadi dan tidak dapat dijadikan sebagai alasan. Air yang bersih dan suhu yang

cocok dapat dengan mudah dicapai hanya dengan biaya kecil untuk membeli peralatan pada toko-toko.

Penyakit yang disebabkan oleh makanan yang salah banyak sekali ditemukan dan menjadi penyebab utama kematian

dini. Jika keseimbangan gizi makanan dapat diberikan seperti yang ditekan sebelumnya, kami telah menemukan spicis

yang dapat bertahan hidup lebih dari 30 tahun dalam perawatan.

Kura-kura dapat menjadi sakit seperti binatang lainnya dan jika mereka sakit anda harus cepat membawanya ke dokter

hewan. Pada umumnya penyakit ini dapat disembuhkan jika terdeteksi secara cepat.

Berikut ini adalah pedoman untuk masalah kesehatan pada umumnya untuk membantu anda mengidentitikasi binatang

sakit yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut dan kemungkinan perawatan selanjutnya. Pedoman ini bukan

dimaksudkan sebagai petunjuk untuk anda melakukan perawatan sendiri. Semua perawatan kesehatan haruslah

dimonitor oleh dokter hewan yang berkualitas. Metoda perawatan yang akan dibahas hanya sebagai referensi saja dan

dimaksudkan sebagai petunjuk umum sesuai dengan kebiasaan kedokteran sekarang ini. Juga dapat ditemukan

beberapa petunjuk umum untuk pemeliharaan dan perawatan kura-kura air tawar yang sakit yang dapat bermanfaat

untuk disimak:

Kura-kura yang sakit harus dijaga kehangatannya. Suhu yang paling cocok secara umum adalah antara 27 -30 C. Pada

suhu ini sistem daya tahan tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Sangatlah penting untuk mempertahankan kebutuhan

akan air dari pada mengkhawatirkan untuk memberikan makanan secara paksa. Kura-kura yang kekurangan air

(dehydrated) mengakibatkan kondisi yang sangat serius (dari komplikasi ginjal). Pada umumnya binatang yang sakit dan

lemah membutuhkan / menyerap air dan mengembalikan fungsi ginjal sebelum mereka membutuhkan makanan secara

paksa.

Kura-kura yang sakit mungkin tidak dapat berenang secara benar. Mereka dapat juga tenggelam. Jaga ketinggian air

yang rendah dan pastikan kura-kura dapat meninggalkan air dengan mudah sesuai dengan keinginannya. Jika terjadi

infeksi, pisahkan kura-kura itu segera mungkin. Sediakan aquarium kosong untuk keperluan ini jika dibutuhkan. Berikan

perhatian yang khusus untuk hal-hal kebersihan dan gunakanlah sabun pencuci tangan seperti ‘Betadine’

povidone-iodine. Kunci keberhasilan perawatan reptil adalah ketepatan dari diagnosa yang diikuti oleh pengobatan

sesuai. Jangan melakukan diagnosa tebak-tebakan tapi selalu mencari nasehat ahli di bidang doker hewan dari sumber

yang terpercaya.

Pedoman penyakit umum

Gejala:

Mata bengkak atau berair, biasanya tertutup. Kemungkinan mengeluarkan cairan putih. Kulit terlihat merah dan mentah.

Kemungkinan Edema.

Kemungkinan disebabkan:

Infeksi bakteri pada mata sering diakibatkan dari kurang berfungsinya sistem penyaringan (filtrasi). Selidiki

lingkungannya. Kesalahan pengaturan suhu dapat juga menyebabkan gejala-gejala seperti ini.

Pengobatan:

Antibiotik yang dioleskan pada mata (dalam bentuk salep) jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Jaga kebersihan dan

lingkungan sekeliling jika tidak baik.

Gejala:

Luka atau plaque-like furry yang disebabkan oleh sel-sel mati disekitar mulut. Kemungkinan menolak untuk diberi makan

dan mata kemungkinan juga membengkak.

Kemungkinan disebabkan:

Infeksi bakteri pada mulut biasanya dapat ditemukannya organisma gram-negatif. Menular pada jenis hewan lainnya.

Pengobatan:

Kondisi yang serius membutuhkan pengobatan yang cepat. Mulut harus dibersihkan dengan cairan povidone-iodine

beberapa kali dalam sehari dengan membersihkan juga sel-sel mati. Antibiotik yang berkontak langsung dengan luka

juga efektif dalam melawan Gram-negatif organisma. Tangani hewan yang terinfeksi dengan seksama dan pisahkan

dengan kura-kura lainnya secepatnya. Keadaan seperti ini biasanya dapat segera diatasi jika terdeteksi secara dini.

Gejala:

Hewan yang kurang bertenaga, kemungkinan menyanggah kepalanya dengan tinggi atau dalam posisi yang tidak

seperti biasanya. Kemungkinan juga lemahnya kaki depan dan belakang dan juga kadang mengeluarkan cairan dari

hidung atau mulut diikuti dengan sesak napas.

Kemungkinan disebabkan:

Kondisi serius yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran pernapasan, kemungkinan pneumonia.

Pengobatan:

Perhatian dari dokter hewan diperlukan secepatnya. Suntikan antibiotik biasa tindakan yang harus dilakukan (antibiotic

biasanya tidak diberikan secara oral pada kura-kura air tawar disebabkan oleh lamanya dan tidak menentukan rasio

penyerapan melalui pencernaan dan tidak menentunya jumlah serum darah).

Gejala:

Lemahnya daerah tempurung atas atau bawah dengan kemungkinan pecahnya pembuluh darah. Kemungkinan

terciumnya bau yang tidak sedap dari daerah sekeliling. Daerah yang terkena dapat menyebar dengan cepat.

Kemungkinan disebabkan:

Infeksi bakteri pada tissue yang mana berasal dari trauma atau penyakit tertentu. organisma gram-negatif biasanya

penyebabnya.

Pengobatan:

Daerah sekeliling yang terditeksi harus dibersihkan secara rutin dengan cairan povidone iodine, sel-sel yang mati

dibersihkan secara perlahan dan kura-kura ini dipisahkan secepatnya dengan yang lainnya. Antibiotik yang dioleskan

langsung dapat digunakan. Gejala seperti ini kebanyakan disebabkan oleh lokalisasi luka trauma, seperti terbakar oleh

pemanas/heater atau goresan yang disebabkan oleh batu tajam yang ada di aquarium dll.

Gejala:

Kurang bertenaga, lemas, kemungkinan kaki atau tempurung bawah terlihat kemerahan.

Kemungkinan disebabkan:

Pada umumnya septicemia (keracunan pada darah).

Pengobatan:

Pada umumnya disebabkan oleh luka trauma, terutama air yang terkontaminasi. Ada kemungkinan hepatosis jika hati

(lever) dengan cepat ikut terserang. Mendesaknya akan kebutuhan parenteral (tidak melalui mulut) antibiotik harus

dilakukan dengan hati-hati dan intensif terapi pendukung juga diperlukan. Tes darah juga diperlukan untuk memastikan

kemajuan pengobatan.

Gejala:

Tempurung atas yang lembek dan kemungkinan tidak merata. Lemahnya kaki-kaki dan kura-kura ini kemungkinan

masalah makan.

Kemungkinan disebabkan:

Makanan yang kekurangan kalsium baik sedikit maupun banyak.

Pengobatan:

Untuk kondisi yang parah kemungkinan tidak dapat tertolong. Pengobatan dapat berupa suntikan kalsium ditambah

makanan yang berkalsium dan perawatan di bawah sinar lampu UV-B.

Catatan: Gejala tempurung lembek, jangan disamakan dengan kura-kura jenis tempurung lunak (Soft-shell) seperti jenis

Tryonix/Apalone.

Gejala:

Luka baru.

Kemungkinan disebabkan:

Perkelahian, lecet pada batu atau benda lain.

Pengobatan:

Pindahkan faktor penyebab di lingkungannya. Bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan cairan povidone-iodine

dan jaga kebersihannya sampai luka sembuh total. Perhatikan dengan seksama gejala infeksi kedua, seperti septicernia,

necrotic dermatitis.

Gejala:

Pembengkakan atau kemerahan di samping kepala.

Kemungkinan disebabkan:

Bisul telinga. Pada kura-kura, disebabkan oleh kebersihan air yang kurang.

Pengobatan:

Pembedahan oleh dokter hewan dengan pembiusan lokal.

HewanPeliharaan.Com

 

51 thoughts on “Kura-kura Brazil: Fakta dasar dan perawatan kesehatan (repost)

  1. Ping-balik: Kura-kura Brazil « Caplang Hati

  2. yang dibutuhkan untuk memelihara kura-kura brazil apa aja seh???
    kalo ada selaput di matanya tu gimana???
    plizzz…

  3. simple kok bro aquarium kecil isi air 4cm
    kasih tatakan bir dia bisa berjemur .
    sama pakan kasih selada, pelet, kangkung,ato toge.
    kura2 brasil berjenis kura2 air jadi tidak
    perlu terlalu sering di jemur di terik matahari.
    2x sehari cukup.
    ada selaput dimata? coba dipersering jemurnya.

  4. klo jari”nya kya ada yg lepas gimana ya?? kaki kiri depan ama kiri blakangnya begitu.. kya lepas gitu kukunya.. kliatannya sih bukan luka baru.. lukanya udh mulai kering tp masi merah” gitu.. gimana ya??

  5. sori baru bisa bls nih .
    diasat udah ada jawabannya yu.
    unuk luka terbuka
    moga lekas sehat ye kuranya .🙂

    [quote]Luka baru.

    Kemungkinan disebabkan:

    Perkelahian, lecet pada batu atau benda lain.

    Pengobatan:

    Pindahkan faktor penyebab di lingkungannya. Bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan cairan povidone-iodine

    dan jaga kebersihannya sampai luka sembuh total. Perhatikan dengan seksama gejala infeksi kedua, seperti septicernia, necrotic dermatitis.[/quote]

  6. sy pny kura-kura brazil tp dr bli dy gak mau mkn n yg satu kyknya gak bertenaga,sy jg sdh kira dy keracunan tp kok bisa menular ke yg laen ya..?
    n tempurungny ada bercak noda hitam n makin meluas
    jd gmn donk saranny biar umurnya bs panjang

  7. biasanya si, kata orang kalo kura-kura nya sakit, diberi air garam, jadi di kum gitu….

    aku juga punya 3 kura2, dulu sih 4, skrg tinggal 3… yang 2 tuh di lehernya kayak ada kotoran ato apa gitu… itu apa yah??? pernah ngga yang kayak gitu? aku ngga seberapa ngerti ttg kura2 ni soalnya..
    thx…

  8. urun rembuk…(pendatang baru)
    6 hr yang lalu saya coba ingin merawat kura2 brasil, namun 5 hari belakangan tidak nampak bergairah, nafsu makan tdk ada, disertai pada kulit leher dan jari2 kaki muncul sisik/benjolan berwarna putih.

    Tindakan:
    1. ambil bayi kura2 tsb bersihkan dengan sikat gigi bekas yang masih lembut kemudian tambahkan sedikit pasta gigi, gosokan secara lembut ke leher, tempurung dan selah2 jari terutama bagian yg ada bercak putih itu, kemudian segera olesin bercak putih td dengan menggunakan betadine luka (awas jgn kena mata), diamkan di tempat kering kurang lebih 30 mnt.
    2. bersihkan bekas tempat kura2, kemudian gunakan air sumur/air hujan, jangan gunakan air PAM, bisa jadi muncul bercak putih juga dikarenakan pengaruh obat/atau jenis pemutih yang digunakan untuk pengolahan air PAM.
    3. untuk membangkitkan selera makan bayi kura2 tsb, berikan cacing tanah yang kecil aja biar bisa buat mainan dan kemungkinan karena objek bergerak maka naluri bayi balita untuk mempertahankan diri akan tibul yakni dengan mencoba melumpuhkan mangsa tadi untuk di makan. Agar lebih bervariasi lagi berikan belalang atau jangkrik sebagai sasaran berikutnya di atas permukaan air (pasti seru)
    Demikian sedikit tips, moga bisa membantu.
    Salam,
    Bram

  9. alo.. gw baru beli kura2…cara2 biar kura2nya ttp sehat gimana… perlu kena matahari ga???

  10. Kura2 jntn q(kuro) udh 3 hri gk mw mkn,,
    Trus dy kdg ngeluarn suara2 kya trcekik gtu,,

    Mngkn pnyaktnya pneumonia, tpi gk tw cra ngatasi and pnyebbnya,,

    Ada yg bsa bntu??

    Skalian, ksh tw dnk Dr. hewan yg ada d Pknbaru, Riau,,

    Thx,,

  11. Allow…
    ada yang tau g?
    supaya bisa cepet kembang biak gmn ya?
    kura2 brazil dikatakan dewasa umur brp ya?^^

  12. hi,,

    yipi, mw tanya dunk.

    gw baru bgt beli KKB, 2 ekor ce smua.

    hari ni kyanya si kure pilek deh, dr idung nya kluar gelembung. udah 2 hari dia lbh bnyk tidur nya, trus kaya’ gelisah gitu. suka ngurek2 dasar aquarium.

    si kuri, lincah bgt. hobinya berjemur.

    mereka msh sbesar uang logam 100 jadul, gw tarok di pet home yg dijual di toko ikan,ukuran 15×8 tingi 10 cm. tiap hari ganti aer, ada tempat berjemurnya, pagi gw jemur skitar 1 jam. makannya makanan kura2 yg dijual ditoko ikan, kemaren gw ksh daun selada air.
    gw blum bliin water heather, rncananya besok.

    pertanyaan nya:
    kure beneran pilek g, kalo gjalanya bgtu
    trus digimanain biar sembuh
    kira2 ukuran pet home nya, kekecilan g y..
    ngebedain KKB tidur or hibernasi or kena sakit mata gmna y

    ditunggu infonya,

    slaen di forum. bisa konsultasi lewat mail or YM, alamtnya?
    haha, dokter kale ya.

    kalu g kbrtn gtuh

  13. Alooow,,,

    mo numpang nanya neh,,

    Kura2 gw kagak mau naik2 ke darat, maunya di air MuLu, udah gw naikkin ke tempat kering,, eh… malah nyempLung lagi ke air,,

    itu kenapa ya???

    apa ada keLainan???

  14. @ranti : perlu , seminggu dijemur 1-3x, ga sampe 1jam dijemur .
    lo perlu nyang punya juga, biar kuat tulang2nya😀
    @bintang : duh bro coba di bawa ke dokter.
    @ce2k : biasanya diberi rangsum , lo cuma jantan kasih ransum betina. jangan sekali2 sesama jenis.
    @nina : coba dikasih mam lebih . hehe
    @hana : dimandiiin han, bisa pake sikat gigi yg lembut (ada tuh yg type2 lembut ujungnya), sikat pelan2 biar lumut2 juga ilang. jgn keras2 ntar geli kuranya🙂
    @githa: coba deh selain di jemur km kasih obat flu ..
    pet home utk kura2 segitu cukupan lah, air 2 ciduk aja (ciduk air loh bukan skop).
    ym ntar wa PM deh .
    @teguh: gpp sob, biarin aja,. km kasih di kolam kan?
    yg penting km kasih pijakan ke darat aja. biar nonggol sendiri. biasanya mereka malu, apalagi yg betina. hehe

  15. hallo,,,aku baru punya kura2 nih,,

    mau nanya, kura2 ku kayaknya sakit deh,,dy suka bersin2 dan mengeluarkan lendir,,suka mangap2,,trus gak mau makan juga,,,air uda aku ganti tiap hari,,trus pupnya rada aneh, gak kayak biasanya,,,dikasi obat apa ya?

    di badannya gak ada bercak apa2, dan matanya juga gak bengkak, matanya masih terbuka,,ummm oia, paling bagian bawah badannya ada bercak coklat2 gitu,,,

    trus kayaknya penyakitnya nular ke kura yg satu lg, yg satu lg sekarang jd lebih suka diem, gak mau makan juga..tapi gak suka bersin2 atau mengeluarkan lendir,,,

    aku binguuuung,,,,

    thanks before,,,

  16. hulaaww…
    Q punyah kula-kula ney…
    bru dkasih c…

    makanyah Q bingung mw gimana jagaennyah…
    hwehehe,,,

    yang Q tw kula2Q ntu susah makannyah,,,
    makanannyah c,,yang bli ndex tko ikan ntu,,,
    tpi yang bwt kula2 c…

    trusss,,,
    kok ndex leher..n kaki2nyah ada kyak selaput putih gtooo…
    kira2 napa yaw???

    truss…
    cra ngatasinyah apaan ???

    mhon bantuannyah yaw…

  17. @cie :kasih makannya ga usa banyak2 yang penting teratur sehari 2x uda cukup sih sebenerna,
    kecuali lo pas puasa .. hihi

    soal kaki berlendir, biasanya kurang sinar matahari , lo mang kurannya sehat dibersihin aja lendirnya
    pake sikat halus, tapi ga usa pake odol ya, pelan2 aja nyikatnya .

  18. kura brazilku dah lumayan besar, tp warnanya kurang menarik deh mjd hijau pudar. kira-kira ada ga vitamin or makanan biar warnanya agak cerah. thx atas jawabannya.

  19. sama bro , diriku juga lagi nyari solusinya .biasanya sih tu karena jarang di bersihin banyak lumut nya.

    lets hunting together .

  20. Iya d0nk mw nanya vit yg bwt biar kura2nya brwarna ijo cerah apa? Dmana belinya? Kl udh tw,ksh tw yaa..
    Thx b4..

  21. Buat teman2 ssama pecinta kura2 gw punya info dikit neh..gw ngerawat 2 ekor kura2 brazil,perawatan cukup sderhana m g neko2. Alhasil skrg dah jalan 3 taun mereka dah sbesar piring..3 bln lalu salah satuny sakit paru2 basah..ciri2 ny ga nafsu makan,brnafas dg mulut terbuka lebar,dismpen diair flu gt deh..hampir skarat n hampir mw gw bawa k dokter hewan,tp gw keburu nemuin solusiny lo..smua masalah kura2 cukup kirim email gw ja..sakura_mya_mya_84@yahoo.com . Siapa tw pengalaman gw ngerawat kr2 cn help u all

  22. hii..

    butuh bantuannya donk
    aq punya KKB jantan en betina
    k 2 ny masih kecil, baru ku pelihara sekitar 3 bln
    yg betina udah 6 hari belakangan ini ga mo makan, trus sering bersin en mulutnya sering mangap kek lg sendawa… ada keluar lendir jg dari mulutnya
    trus kedua matanya ketutup kek lg tidur
    gejala lain lemas, ga mo makan en tidur trus
    aq khawatir nih karna ga ada tanda2 makin membaik
    sekarang dia udah ku pisah ma yg jantan
    semenjak di pisah kekny yg jantan jg jd kurang semangat, ga selincah waktu masih bareng2

    please ada yg bisa bantu ga, gmina solusinya biar yg betina cepet sembuh
    aq tinggal di jambi, dan aq ga yakin ada dokter hewan yg ngerti KKB

    thaks sebelumya buat bantuannya

  23. kalo ditelinga kura-kura ada bisulnya terus dicabut, tindakan w salah ga ya jadi ada lubang dibekas lukanya.Terus selama luka sesekali boleh kena air g?

  24. Kura-kuraku matanya tertutup lendir gitu..kasihan kadang tuh matanya digaruk. Antibiotiknya cari dimana yah? merknya apa githu?.thanks yah..

  25. Q pny pngalamn nieh…
    Kura2q jg prnh tuh mulutny mwny cm ngbuka lebar trz, ga mw mkn,n hidungny kluar busa2. Pnykitny ky flu. Jd pz dy lg mangap q je2lin obat flu bwt manusia secuil kecil aj slm 2 hr. Trz kandangny jg dpisahkn dg kura2 laen, tiap hr djemur (tp d tmp yg panasny ga over), n tiap hr kandangny dkuras. Hslny, 3 hr kmudian smbuh deh… Mmg sih pbuatan ni kjam, tp moga2 dr pngalamanq ni bs mbantu…

  26. Kl yg gw tw c slh satu kura2 ga mo mkn soalnya dia stress. Krn itu, kura2 hrz srg2 kita ajak dia kluar kandang, tp jgn lama2, ntr ilang lho… Kura2 jg bs stress kl kita srg pgang2 dia. Tp gw mo tny nieh… Kl sifat kura2 btina mmg pmalu n kl sifat kura2 jntan lbh brani y? Dulu gw pny kura2 jantan, dia tuh brani manjat2, tp kl yg btina maunya cuma nyumput di tmp gelap n nyumput trs di dlm cangkangnya.

  27. Bwt pencinta kura2..bagi yg brmasalah dgn kura2ny add face book gw ja..sakura_mya_mya_84@yahoo.com..coz gw online tiap hari..kalo kalian ngirim k email,jarang kebaca..maaf yach..aq bacany telat..mudah2 aq bs ngash brbagai solusi dr pengalamanku membesarkan kura2,dr yg skarat menjadi sehat,dr yg warnany jelek jd indah..+tnp ad penanganan dokter..hope my solutions usefully for you all

  28. maaf, baru biisa accept comment temen2 semua, dikarenakan perkerjaan,.
    trims sudah berbagi.
    mkin sakura bisa bagi ilmu ke mercy gimana cara nangangi telur kura2nya. trims.

  29. ,g bru puny kura2 brazil,tp msi kecil bngt..
    napa y udh 3 hr gak mau makan n gk mw nyemplung k dlm air,terus matanya bengkak,ky da selaput yg nutupin matany
    terus idngny agak kemerah2an gtu,udh gt suka mangap2..kura2 g sakit apa y kayanya,trus pngobatany pake apa y?
    thanx b4jÿ™U3ÿ,ges,›

  30. allo…
    bisa minta bantuanna gk…?
    Aqu pnya 4 KKB,sdh 6 thn qu plihra, waktu itu KKB qu smpat bertelur tp sllu pcah krn gk ktauan sblmna qu taro dlm aquarium n skrg dh dlm kolam n dipinggir kolam aqu kasih batu” kecil yg ringan biar dia mau bertelur tpi ko’ dia mlh gk mau bertelur y skrg? yg mau qu tanya :
    1. sebaiknya qu kasih pasir yg seperti ap n bgmna cra berkembangbiakna?
    2. biar warna kkb hijau sprti msh kcil gimana y?
    3. Aqu gk tau mn yg betina n jantan bedana ap y?
    sblmna terima kasih ats bantuanna…

  31. saya punya 2 bayi kura”… yang satu leher, kaki’a kaya ada selaput’a gtu.. kenapa ya?? tlng bantu dnk… mksh yaa…🙂

  32. hi..
    Q br pnya kura” brasil,msh bayi..
    dia gx mw mkn,trus lemes..
    gimana spya dy mw mkn n’ gx lemes lagi?

  33. Kura2 ku jatuh,, dr atas meja, dan semenjak jatoh dia tidur terus…. Gak suka di air.. Harus gimana😦

  34. kalo kura-kuranya jadi sering tidur terus harus diapain?
    lalu, kura-kura dalam 1 aquarium maksimal ada berapa kura-kura?

  35. bersukur banget bisa “ketemu” ma site ini..
    gw lagi kebingungan neh.
    sebulan lalu gw baru mulai punya peliharaan 4 ekor tortoise.
    n ga sampai sebulan tortoise gw udah mati 2 ekor. Nah sekarang tinggal 2 ekor lagi. waktu beli ke-4 ekor tortoise gw taruh di 1 tempat (tempat ikan sih sebenarnya, seperti toples gitu)
    sekarang 2 ekor tortise gw mulai nunjukan gejala yg sama spt 2 ekor yg sudah mati lebih dulu

    kebingungan yg 1: di punggung tortoise ku seperti ada hewan kecil berwarna putih dlm jumlah yg banyak
    kebingungan yg 2: ga pernah mau makan udah dikasi kangkung n pelet tapi tetap tidak mau n selalu mau tiduur aja (matanya lebih sering tertutup)
    kebingungan yg 3 : si kuri karena dia lincaah banget setiap kali kalau di bersihkan tempatnya sering jatuh dari tangan ku dan sudah 2x jatuh dengan punggung terbalik. Apa itu bahaya untuk dia??
    kebingungan yg 4: gimana cara ngebedain jantan dan betina (ciri-cirinya)

    makasih ya

  36. mu nanya nih kura-kura saya kira-kira besar nya sudah 7-8cm an. setiap saya kasih makan pelet knp kura-kura saya selalu tidak ingin memakannya? padahak klo di lihat-lihat kondisi nya sehat-sehat saja.Bls y tq🙂

  37. Gmana si ngurus kura” klo kerjaan’ǎ̜̣̍ merem terus udah gitu kan disuruh pake salep antibiotik , klo pake salep mata buat manusia bole gak? Tlong jwb ya

  38. teman teman bayi turtle saya kok tidak mau makan ya
    udah 4 hari setelah membelinya dia gk mau makan

    dan kalo di satukan dengan ikan dia malah makan kotoran si ikan apakah itu berbahaya atau tidak ?

  39. coba jawab sebisa saya
    1. pasir halus kl bisa pasir putih, bisa diakali pakai pasir kali atau kl pas main ke pantai ambil aja 1 karung kecil
    2. bisa dengan mengosok tempurungnya dgn sikat halus krn faktor usia bisa membuat tempurung pucat.
    3. jantan ekornya panjang dari betina ekor yang agak besar meski pendek, kl di lihat mendatar posisi plastron jantan terdapat lekukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s